entry image

Camat Torgamba Sebagai Pembina Upacara di UPTD. SMP N 1 Torgamba

Asam Jawa, 21 Maret 2022

Bapak Aja Alimsyah S, S.Pd, M.AP Selaku Camat Torgamba Kecamatan Torgamba bertindak sebagai pembina upacara di UPTD. SMP N 1 Torgamba pada Senin (21/03/2022).  Dalam amanatnya, beliau  menyampaikan pesan kepada seluruh siswa/i UPTD. SMP N 1 Torgamba untuk menjaga pergaulan, sikap dan perilaku sebagai siswa pelajar. Beliau menambahkan bahwa saat ini sedang ada kasus mengenai perundungan atau bahasa kerennya bullying. 

"Perilaku perundungan merupakan perilaku yang sangat bertentangan dengan rasa kasih sayang. Mereka yang dirundung biasanya akan merasa cemas dan ketakutan setiap kali bertemu dengan orang-orang yang merundunggnya. Jadilah anak-anak itu anak yang penakut, tidak bisa berekspresi di sekolah, hingga tidak bersemangat dalam menjalani pendidikan disekolah. Namun, orang-orang yang melakukan perundungan bisa jadi dikarenakan kurangnya perhatian dari orangtua dan guru. Hal ini yang menyebabkan mereka melampiaskan emosi terpendamnya tersebut kepada orang lain yang lebih lemah. Pelaku dan korban sama-sama orang-orang yang perlu bimbingan dari orang yang lebih paham akan hal ini."

"Di sinilah peran serta orangtua dan guru semakin dibutuhkan. Kebutuhan anak-anak kita bukan hanya makan minum, namun butuh di berikan rasa kasih sayang, dimengerti, dan dipahami apa kemauan anak kita. Orangtua dan guru harus memiliki ilmu mengenai hal ini sehingga bisa menurunkan tingkat bullying di sekolah dan bisa menangani anak-anak yang menjadi korbal bullying dengan benar. Orangtua dan guru harus belajar mengenai hal ini dan harus saling bahu-membahu menangani masalah ini. Peran aktif orangtua dan guru dalam memerangi bullying akan menjadikan anak pribadi yang mandiri, tangguh, dan penuh percaya diri dalam menghadapi masa depan."

Kepala UPTD. SMP N 1 Torgamba, Tahan Rajagukguk, S.Pd, mengapresiasi kegiatan tersebut. Beliau menilai, dengan petugas pembina upacara dari Instansi Kantor Wilayah Kecamatan Torgamba yang kebetulan dihadiri langsung oleh Camat Torgamba, Sekretaris Camat dan Korwil Bid. Pendidikan Kecamatan Torgamba, para siswa dalam melaksanakan upacara lebih antusias dan lebih tenang. “Semoga ke depan kegiatan ini bisa berlanjut dan tidak hanya sebagai Pembina upacara tetapi diharapkan bisa memberikan materi pada kegiatan pembinaan siswa,”