entry image

GERAKAN PRAMUKA GUDEP 03.051 - 03.052 UPTD . SMP N 1 TORGAMBA MELAKSANAN PERKEMAHAN SABTU MINGGU (PERSAMI)

Pelaksanaan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Bumi Perkemahan UPTD, SMP Negeri 1 Torgamba Gudep 03.051-03.052 dilaksanakan pada hari Sabtu hingga Minggu, 11 - 12 Maret 2023. Kegiatan Persami dilangsungkan secara sederhana yaitu di lapangan sekolah dan wilayah sekitar sekolah, Acara Persami di bimbing oleh Guru Pembina Bapak Afrijal Nasution, S.Pd dan Ibu Siti Aisyah, S.Pd,I.

Persami merupakan kegiatan pramuka yang diadakan dengan tujuan untuk dapat menumbuhkan kemandirian para siswa, menambah minat dan bakat, mengembangkan pengetahuan alam, hingga menjunjung tinggi semangat kerja sama.

Kegiatan Persami diawali dengan upacara pembukaan dan sambutan dari kepala sekolah Ibu Dra. Hj. Mahyun Hajar Harahap.

Setelah menghadiri upacara, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap regu harus diwakili minimal satu orang untuk berpartisipasi dalam lomba yang diadakan pihak sekolah.

Ada berbagai kegiatan dan lomba yang diadakan mulai dari kegiatan malam api unggun, nonton bareng wisata pulau kapuk, senam dan materi tentang pengetahuan kepramukaan dan kegiatan perlombaan yang dilaksanakan ada LKBB, Pionering dan LCTP.

Kegiatan menyalakan api unggun. Sebelum tidur, diadakan kegiatan upacara api unggun. Dalam menyalakan api unggun, diawali peserta pembawa obor 1 sambil mengucapkan Dasa Dharma Pramuka ke-1, selanjutnya pembawa obor ke-2 meminta api dari pembawa obor 1, kemudian mengucapkan Dasa Dharma Pramuka ke-2, begitu seterusnya sampai ke-10. Yang terakhir menyalakan api unggun secara serentak oleh sepuluh pembawa obor.

Kegiatan Persami diakhiri dengan baris-berbaris sesuai dengan kelompok masing-masing, dilanjutkan dengan upacara penutupan Persami.

 

Ada berbagai lomba yang diadakan, yaitu lomba yang berkaitan dengan seni, seperti lomba menyanyi, lomba menggambar, lomba baca puisi, dan lomba tentang pengetahuan kepramukaan